Baca Juga

Download Kalender Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK Tahun Ajaran 2017/2018

Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net ini akan memposting tentang Kalender Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK Tahun Ajaran 2017/2018 ini yang sebagai mana banyak sekali fungsi dari sebuah kalender tentunya dalam pendidikan, sebagai berikut.

Download Kalender Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK Tahun Ajaran 2017/2018

Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan denganmengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Kalender pendidikan atau sering disingkat KALDIK menjadi bagian penting dalam mendukung terselenggaranya proses pendidikan dengan lancar dan efesien. Hal ini karena dengan adanya kalender pendidikan, baik guru, pihak sekolah dan orang tua wali murid dapat mengatur jadwal kegiatan para peserta didik dengan baik. Namun sayang banyak orang yang tidak memahami dan memperhatikan adanya kalender pendidikan terutama komponen dan fungsi dari Kaldik itu sendiri.

1. Tahun Ajaran
Tahun ajaran merupakan awal dari dimulainya kegiatan pembelajaran di sekolah. Tahun ajaran baru ditetapkan oleh Dinas yaitu pada Bulan Juli setiap tahun dan berakhir di Bulan Juni tahun berikutnya.

2. Minggu Efektif
Minggu efektif adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Minggu efektif untuk PAUD adalah 34 Minggu dalam satu tahun. Tapi setiap sekolah bisa menyesuaikannya sesuai kondisi dan kebutuhan sekolah.

3. Hari Libur
Hari libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar terjadwal. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan dan libur nasional. Hari-hari libur tersebut mencakup :
  • Libur Semester
  • Libur hari-hari besar keagamaan
  • Libur nasional
  • Cuti bersama dan Libur khusus yang ditetapkan lembaga.
Beberapa fungsi dari Kalender Pendidikan sebagai berikut:
  • Mendorong efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran di sekolah
  • Menyerasikan ketentuan mengenai hari efektif dan hari libur sekolah
  • Pedoman dalam menyusun program kegiatan pembelajaran sekolah
  • Pedoman bagi guru untuk menyusun program tahunan, program semester serta membuat silabus dan satuan acara pembelajaran.

Inilah File Kalender Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK Tahun Ajaran 2017/2018 yang bisa Anda Download Secara Gratis.

Demikian untuk sedikit keterangan dan share kami tentang Kalender Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK Tahun Ajaran 2017/2018 ini semoga apa yang kami posting akan sangat bermanfaat dan membantu/mempermudah mengingat soal waktu tentunya untuk Pelajar atau yang bersangkutan dengan pendidikan.
Untuk selengkapnya anda bisa download langsung link Kalender Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK Tahun Ajaran 2017/2018 tersebut yangsudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :
Cara untuk cetak Kalender Pendidikan
  • Pilih Wilayah Provinsi
  • Pilih Tahun Pelajaran
  • Download kalender pendidikan yang sudah sesuai dengan Provinisi.
 
Top