Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi adalah:
- Isi atau konten kurikulum adalah kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) mata pelajaran dan dirinci lebih lanjut ke dalam Kompetensi Dasar (KD)
- Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran
- Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu mata pelajaran di kelas tertentu
- Penekanan kompetensi ranah sikap, keterampilan kognitif, keterampilan psikomotorik, dan pengetahuan untuk suatu satuan pendidikan dan mata pelajaran ditandai oleh banyaknya KD pada suatu mata pelajaran
- Kompetensi Inti menjadi unsur organisatoris kompetensi bukan konsep, generalisasi, topik atau sesuatu yang berasal dari pendekatan “disciplinary–based curriculum” atau “content- based curriculum”
- Kompetensi Dasar yang dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat dan memperkaya antar mata pelajaran
- Proses pembelajaran didasarkan pada upaya menguasai kompetensi pada tingkat yang memuaskan dengan memerhatikan karakteristik isi kompetensi dimana pengetahuan adalah konten yang bersifat tuntas. Keterampilan kognitif dan psikomotorik merupakan kemampuan penguasaan konten yang dapat dilatihkan. Sedangkan sikap adalah kemampuan penguasaan konten yang lebih sulit dikembangkan dan memerlukan proses pendidikan yang tidak langsung
- Penilaian hasil belajar mencakup seluruh aspek kompetensi, bersifat formatif dan hasilnya segera diikuti dengan pembelajaran remedial untuk memastikan penguasaan kompetensi pada tingkat memuaskan.
Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X
Konsep utama pengembangan buku teks berdasarkan pada cara pandang tentang fungsi bahasa sebagai kegiatan manusia pada umumnya. Kegiatan ini memilki kekhasan cara pengungkapan dan kebahasaannya. Inilah cara pandang baru tentang bahasa. Bahasa dan Isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Ini sejalan dengan perkembangan teori pengajaran bahasa di Eropa dan Amerika, Content Language Integrated Learning yang menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/ komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).
Pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan genre pedagogi. Model pembelajaran bahasa berbasis genre mencakup empat prosedur utama, yaitu:
penentuan konteks teks dan membangun pengetahuan tentang teks yang akan dipelajari,
pemodelan dan dekonstruksi,
konstruksi siswa yang dibantu guru dalam berbagai latihan dan tugas hingga menyusun teks sasaran
tugas dan latihan teks sasaran secara mandiri yang minim bantuan guru (independent construction). Prosedur ini diwadahi dalam buku teks yang memiliki empat bagian, yaitu:
- Membangun konteks
- Pemodelan dan dekontruksi
- Pra-kontruksi dan
- Kontruksi. Kegiatan dalam setiap prosedur diharapkan bervariasi dan sesuai dengan jenis teks yang dipelajari.
Istilah konstruksi bermakna proses menyusun atau menciptakan hingga menjadi produk kompetensi. Dekonstruksi yang dimaksud adalah peserta didik dibekali dengan kompetensi pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana menyusun atau menciptakan teks. Bagian dekonstruksi berupa pemberian informasi tentang teks yang akan dipelajari dan mencermati model teks. Seperti halnya, seseorang akan membuat mobil maka dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman tentang mobil, termasuk struktur (kerangka dasar) mobil, cara kerja mesin mobil dan lain-lain.
Bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Penggunaanya pun semakin luas dalam beragam tanah pemakaian, baik secara lisan maupun tulis.
Oleh karena itu kita memerlukan buku rujukan yang dapan dijadikan pedoman dan acuan berbagai kalangan pengguna bahasa indonesia, terutama dalam pemakaian bahasa tulis, secara baik dan benar.
buku yang diberikan secara geratis kepada siswa sangat membantu pada siswa di dalam peroses belajar sehingga siswa dengan mudah untuk mengerjakan tugas yang diberikan tugas oleh guru.
Inilah File Buku Bahasa Indonesia Guru dan Siswa Kelas 10 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2016 yang bisa Guru atau Siswa/siswi Secara Gratis.
Demikian untuk keterangan dan share kami diatas yang sedikit membahas tentang Buku Bahasa Indonesia Guru dan Siswa Kelas 10 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2016 ini bisa membantu rekan-rekan untuk bisa mengetahui beberapa makna Buku Bahasa Indonesia Guru dan Siswa Kelas 10 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2016 tersebut. Semoga Bermanfaat dan Terimakasi atas Kunjunganya.
Untuk selengkapnya anda bisa download sendiri berupa link Download Buku Bahasa Indonesia Guru dan Siswa Kelas 10 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2016 tersebut yang sudah kami sediakan di bawah ini :