Baca Juga

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 tingkat SMP Revisi 2016 ini kami bagikan bagi setiap Guru yang saat ini sedang kebingungan memahami cara PPenilaian Kurikulum 2013 tingkat SMP secara lengkap dan mudah di lakukan. Silahkan langsung saja simak Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 Revisi daru ini.  Panduan ini berisi konsep penilaian, penilaian oleh pendidik yag meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam panduan ini diuraikan cara mengisi rapor. Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan.

Sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam mengembangkan butirbutir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butirbutir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah hingga tinggi.

Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan peserta didik. Permasalahan lain yang sering muncul adalah penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam menentukan nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 tingkat SMP Revisi 2016 -  Format Kerja Guru

Penilaian Kurikulum 2013 tingkat SMP

Memperhatikan permasalahanpermasahan di atas, perlu disusun Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Panduan penilaian ini diharapkan dapat memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan halhal berikut.
1. Merencanakan, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
2. Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian.
3. Menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar minimal.
4. Melaksanakan supervisi penilaian.

Panduan penilaian ini mencakup: konsep penilaian; penilaian oleh pendidik yang meliputi penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan penilaian aspek keterampilan; dan penilaian oleh satuan pendidikan.

Itulah sekilas isi dari Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMP Revisi 2016 yang dapat kami sampaikan pada isi Artikel ini, untuk lebih lengkp dan jelas mengenai isi dari Panduan ini silahkan langsung saja download Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMP pada link berikut ini:
 
Top